Lomba/Kompetisi Tenaga Kerja Konstruksi (TKK) dalam rangka menuju Konstruksi Indonesia 2023 pada Wilayah Kerja BJKW IV Surabaya

01-08-2023 - Balai Pengembangan Jasa Kontruksi — Dinas Pekerjaan Umum, Perumahan, dan Energi Sumber Daya Mineral DIY

Dalam rangka melaksanakan pembinaan terhadap Tenaga Kerja Konstruksi (TKK) serta sekaligus memanfaatkan momentum agenda kegiatan Konstruksi Indonesi (KI) 2023. Direktorat Jenderal Bina Konstruksi, Kementerian Pekerjaan Umum dan Perumahan Rakyat bermaksud untuk menyelenggarakan Lomba/Kompetisi Tenaga Kerja Konstruksi (TKK) tingkat wilayah/regional Balai Jasa Konstruksi Wilayah (BJKW) IV Surabaya untuk berbagai kategori lomba. Kegiatan kompetisi yang diadakan pada tanggal 22-23 Juni 2023 ini bertujuan untuk mendapatkan pekerja konstruksi tingkat terampil yang unggul dan mampu memotivasi untuk berperan aktif dalam meningkatkan kompetensi serta mampu berkompetisi menjadi pekerja konstruksi terbaik tingkat nasional. Untuk menyukseskan pelaksanaan kegiatan lomba, Pemda DIY melalui Dinas Pekerjaan Umum Perumahan dan Energi Sumber Daya Mineral Daerah Istimewa Yogyakarta mengirimkan 1 Tim Tenaga Kerja Konstruksi(TKK) yang terdiri dari 13 orang TKK untuk mengikuti 4 kategori lomba yaitu Pembuatan Rumah Mini, Pengukuran, Teknologi dan Operator Alat Berat.

Untuk Kategori Pembuatan Rumah Mini, materi yang dilombakan yaitu dinding panel partisi dengan muka pintu dan jendela, rangka atap baja ringan dengan penutup atap, instalasi plumbing air bersih, lantai keramik, ornamen gapuran batu bata, finishing cat interior dan pengawasan pelaksanaan/ penerapan K3 Konstruksi. Dalam kategori lomba ini tim perwakilan Daerah Istimewa Yogyakarta berhasil merebut juara 2.

Untuk Kategori Pengukuran, materi yang dilombakan yaitu melakukan pekerjaan pengukuran/ survey lokasi. Dalam kategori lomba ini tim perwakilan Daerah Istimewa Yogyakarta berhasil merebut juara 1.

Untuk Kategori Teknologi, materi yang dilombakan yaitu membuat gambar bangunan gedung dengan aplikasi BIM. Dalam kategori lomba ini tim perwakilan Daerah Istimewa Yogyakarta berhasil merebut juara 2.

Untuk Kategori Operator Alat Berat, materi yang dilombakan yaitu mengoperasikan alat excavator. Dalam kategori lomba ini tim perwakilan Daerah Istimewa Yogyakarta berhasil merebut juara Harapan 2.

Dalam beberapa kategori lomba yang dimenangkan, tim DIY berhasil pula merebut juara umum 1 dalam Lomba/Kompetisi Tenaga Kerja Konstruksi di tingkat wilayah/regional Balai Jasa Konstruksi Wilayah (BJKW) IV Surabaya.

Bagikan berita melalui